Kamis, 20 Februari 2020

Perbedaan Windows 32 bit dan 64 bit




Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit yang Harus Diketahui

Hasil gambar untuk 32 dan 64 bit
Windows merupakan Sistem Operasi yang paling populer di Indonesia. Penggunanya sudah tidak terhitung lagi, karena mayoritas laptop atau komputer yang dipakai oleh masyarakat menggunakan sistem operasi buatan Microsoft ini. Ada banyak jenis dan versi Windows yang bisa digunakan, dimana hingga saat ini sudah tersedia Windows 10 Spring Creators Update yang merupakan keluaran Windows terbaru.
Selain perbedaan jenis dan versi, pada Windows juga terdapat perbedaan basis sistem. Mungkin anda tidak menyadari atau tidak memperhatikan, atau anda sudah mengetahuinya tetapi tidak mempermasalahkan. Basis sitem pada Windows ada dua jenis yaitu Windows 32 Bit dan Windows 64 Bit. Lalu apa yang membedakan keduanya?

Apa Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit?

Hasil gambar untuk komputer image 32 64 BIT
Perbedaan Windows 32 bit dan Windows 64 bit seringkali tidak diperhatikan dan tidak dipermasalahkan bagi beberapa pengguna. Padahal, untuk penggunaannya terdapat perbedaan diantara keduanya dan perbedaan tersebut tentu saja akan berdampak pada kinerja laptop atau komputer yang digunakan. Sebenarnya apa saja perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit serta kelebihan dan kekurangannya? baca penjelasannya sebelum anda menentukan akan menggunakan yang mana.

1. Jumlah RAM yang Dapat Digunakan

Perbedaan pertama yang perlu anda ketahui adalah dari sisi jumlah RAM yang dapat digunakan. Jumlah RAM yang dimaksud disini bukanlah jumlah slot RAM pada laptop atau komputer, tetapi total kapasitas RAM yang bisa digunakan. Untuk Windows 32 Bit memiliki batasan kapasitas RAM yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Windows 64 Bit. Windows 32 Bit memiliki batas maksimal penggunaan RAM hanya kurang dari 4 GB (sekitar 3,2 GB) dan akan bekerja optimal ketika RAM yang digunakan adalah 1 GB atau 2 GB. Dengan adanya batas maksimal tersebut, maka meskipun anda memasang RAM 4 GB pada laptop atau komputer anda, yang akan terpakai hanya maksimal 3,2 GB. Dengan demikian sisanya akan menjadi percuma karena tidak terpakai oleh sistem.
Hasil gambar untuk IMAGE RAM KEREN
Berbeda dengan Windows 32 Bit, Windows 64 Bit bisa menggunakan RAM dengan kapasitas diatas 4 GB. Jadi anda bebas untuk menggunakan kapasitas RAM berapapun selama menggunakan Windows 64 Bit. Lalu, berapa kapasitas maksimalnya? tergantung kapasitas maksimal yang didukung oleh processor laptop atau komputer anda.

2. Performa Perangkat

Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah dari segi performa perangkat. Sebenarnya, beda basis sistem Windows 32 Bit dan 64 Bit ditentukan oleh kemampuan processornya. Jika dibandingkan, maka tentu saja akan diperoleh hasil dimana teknologi 64 Bit lebih baru daripada 32 Bit. Kombinasi Windows 32 Bit dengan teknologi 32 Bit tentu saja memiliki kemampuan dibawah 64 Bit. Sehingga basis sistem ini hanya cocok digunakan untuk melakukan pekerjaan ringan dan menjalankan aplikasi yang tidak terlalu berat.
Bedanya Windows 32 bit dan 64 bit dari segi prosesor
Sementara itu Windows 64 Bit yang tentu saja harus dikombinasikan dengan processor 64 Bit juga akan memiliki kemampuan yang lebih. Teknologi 64 Bit memang dibuat untuk mendukung perangkat terbaru yang lebih banyak menggunakan graphics. Dengan menggunakan Windows 64 Bit ditambah dengan dukungan processor yang sesuai, maka anda bisa mengerjakan pekerjaan yang lebih berat seperti design, video editing, programming, dll.

3. Kemampuan Dalam Memproses Data

Perbedaan selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah dari segi kemampuan dalam memproses data. Perbedaan arsitektur pada Windows 32 Bit dan Windows 64 Bit tentu akan sangat berpengaruh pada performa laptop atau komputer itu sendiri. Mungkin anda belum mengetahui bahwa sebenarnya angka 32 dan 64 mewakili jumlah data yang dapat diproses dalam satu kali putaran.
Hasil gambar untuk IMAGE KOMPUTER DEWA
32 Bit artinya ketika melakukan satu kali proses, data yang dapat diproses sebesar 32 bit. Sementara 64 Bit dapat memproses data sebesar 64 bit dalam satu kali putaran. Dengan demikian dari segi kemampuan memproses data, Windows 64 Bit lebih unggul karena dapat memproses hingga 64 bit data dalam satu putaran, hal ini tentu saja lebih cepat dan maksimal.

4. Kompatibilitas Software

Perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit lainnya adalah dari segi kompatibilitas software. Yang dimaksud dengan kompatibitalitas sofware adalah software-software apa saja yang bisa digunakan pada setiap basis Windows tersebut. Windows 32 Bit tidak akan dapat menjalanakan software 64 Bit. Namun hal ini tidak berlaku sebaliknya, karena Windows 64 Bit dapat menjalankan software 32 Bit maupun 64 Bit.

Kelebihan dan Kekurangan Windows 32 bit dan 64 Bit

Salah satu poin yang sangat menarik setelah mengetahui perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit adalah menarik kesimpulan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Windows 32 Bit maupun Windows 64 Bit.
Kelebihan Windows 32 Bit:
  • Dapat menjalankan software dan aplikasi lawas dengan basis 16 bit.
  • Lebih kompatibel dengan driver yang lebih lama. Cocok untuk laptop atau komputer lawas.
  • Dapat bekerja dengan optimal meski hanya dengan RAM 2GB.
Kekurangan Windows 32 bit:
  • Hanya sedikit software baru yang kompatibel.
  • Tidak bisa menggunakan RAM lebih dari 4GB.
  • Tidak bisa digunakan untuk software berat seperti Adobe After Effects, Adobe Premiere, dll.
Kelebihan Windows 64 bit:
  • Lebih cepat dan efisien.
  • Mampu membuat kinerja prosesor lebih optimal.
  • Dapat menjalankan software 32 bit.
  • Cocok untuk menjalankan software terbaru yang mengutamakan grafis.
Kekurangan Windows 64 bit:
  • Tidak cocok untuk PC lawas.
Itulah perbedaan Windows 32 Bit dan 64 Bit yang wajib anda ketahui. Dengan demikian anda bisa menentukan basis Windows mana yang akan anda gunakan pada laptop atau komputer anda sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi perangkat yang anda miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sejarah komputer dari generasi pertama hingga sekarang

5 SEJARAH GENERASI KOMPUTER YANG SEBAIKNYA ANDA TAHU 1.pengertian komputer     Pengertian Komputer  – Komputer berasal dari...